Desain Interior Rumah Minimalis Modern Terbaru

ADVERTISEMENT

Harga Terbaru 2017 :

PORTALBANGUNAN.COMDesain Interior Rumah Minimalis Modern, Rumah minimalis sebenarnya merupakan jenis desain bangunan yang sudah ada sejak lama. Namun, karena arus globalisasi yang pesat dan kebutuhan akan rumah yang semakin meningkat, desain minimalis kembali muncul dengan gaya-gaya baru yang lebih modern dan dengan konsep yang lebih kuat dari sebelumnya. Ada banyak ciri khas yang bisa dilihat secara kasat mata dari rumah-rumah bergaya minimalis. Termasuk pada bagian interiornya. Misalnya saja yang akan kita bahas pada artikel kali ini, yaitu mengenai desain interior rumah minimalis modern.

Mengapa memilih desain interior untuk rumah minimalis?

Interior Rumah Minimalis Modern

Gambar Desain Interior Rumah Minimalis Modern

Penerapan desain interior dengan menggunakan konsep minimalis saat ini sangat populer. Alasan utamanya, terutama di perkotaan adalah karena lahan yang sempit dan mahal, sehingga membuat masyarakat harus memutar otak, bagaimana caranya agar ruang yang tidak besar bisa terlihat luas, nyaman, dan berfungsi dengan efisien.

Berbeda dengan desain-desain interior dengan gaya lainnya, gaya minimalis memberikan efisiensi yang sangat tepat bagi setiap ruang yang ada. Bukan saja itu, gaya minimalis juga memberikan konsep dekorasi yang berbeda, unik, dan multifungsi.

Selain itu, model interior minimalis modern memiliki nilai artistik yang kekinian. Berbeda dengan gaya-gaya tradisional, minimalis modern memberikan konsep masa depan, simple, dan bersih. Membuatnya cocok untuk masyarakat perkotaan yang menyukai gaya-gaya abstrak dalam hal seni. Memang jika berbicara tenang harga pada nilai artistik, gaya tradisional bisa terbilang lebih mahal. Namun saat ini, kebanyakan orang tidak mencari hal tersebut. Karena yang terpenting adalah kenyamanan, baik saat dilihat maupun digunakan.

Melihat penjelasan di atas, tentu gaya minimalis modern untuk interior rumah merupakan pilihan yang tepat saat ini, dibandingkan dengan konsep desain bangunan lainnya. Khususnya bagi Anda yang ingin memiliki rumah yang terlihat besar dan modern, meski lahan yang ada tidak terlalu mendukung.

Mengenal ciri khas desain interior minimalis

Desain Interior Rumah Minimalis Modern Terbaru

Untuk lebih mengetahui dan memberikan pemahaman, serta nilai positif dari desain minimalis, Anda harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa gaya interior yang menerapkan konsep minimalis. Agar lebih mempermudah, Anda bisa mengetahuinya pada poin-poin berikut ini.

1. Bentuk dasar interior
Berbicara tentang bentuk, tentu saja sangat penting bagi sebuah rumah. Bentuk yang salah bisa membuat tatanan ruang menjadi kacau dan kurang efisien. Contoh kegagalan dalam memilih bentuk ruang interior adalah ruang keluarga yang terlalu besar, sehingga membuat dapur tidak mendapatkan tempat yang layak. Contoh lainnya, ketika ruang tamu yang terlalu besar, sehingga sulit untuk mendapatkan kamar tidur dengan jumlah yang diinginkan.

Dalam memilih bentuk dasar dari sebuah interior, Anda harus mengerti kaidah-kaidah dalam pembuatan desain interior. Biasanya arsitek akan melakukan pengukuran, sehingga bisa mendapatkan luas ruangan yang tepat dan seimbang. Jika Anda hanya melihat secara kasat mata dari referensi, memang akan sulit. Oleh sebab itu, jika ingin, carilah referensi juga dari sumber-sumber yang menyediakan format tiga dimensi. Misalnya dengan menggunakan software SketchUp dan AutoCAD.

Meski begitu, bentuk dari rumah minimalis modern, khususnya pada bagian dalam, tidak terlalu sulit untuk dibuat. Hal tersebut karena sifat dari minimalis adalah minimalis itu sendiri. Tidak perlu banyak ruang untuk membuatnya tampak nyaman. Anda hanya perlu menyiapkan sekat-sekat yang cocok untuk kebutuhan. Misalnya saja Anda ingin membuat rumah minimalis dengan 2 lantai. Anda bisa membuat 4 kamar, dengan 2 kamar di atas dan bawah. Jangan lupa, satu kamar di bawah memiliki ukuran lebih besar dari lainnya sebagai master. Ruang lainnya adalah 2 kamar mandi di atas dan bawah pula, dapur, serta ruang keluarga.

Untuk ruang tamu, bagi rumah minimalis sebenarnya bisa disatukan dengan ruang keluarga. Namun tentu, di antara keduanya ada privasi yang harus dijaga. Untuk itu, nanti akan diakali dengan penggunaan sekat non dinding pada tahap dekorasi. Misalnya bisa dengan menggunakan sekat kayu, yang digunakan sekaligus sebagai tempat menyimpan barang-barang pajangan ataupun buku dan akuarium.

2. Bahan material
Material yang digunakan pada ruang interior di rumah minimalis modern Anda juga perlu diperhatikan pada tahap desain sekalipun. Meski dirancang pada saat pembangunan, bahan material bisa sangat mempengaruhi suasana dan kenyamanan. Misalnya pada dinding, apakah Anda akan menggunakan dinding dengan bahan batu bata biasa atau menggunakan batuan alam atau mungkin kayu. Pada bagian lantainya, rumah minimalis modern bisa menggunakan bahan dari kayu ataupun keramik, maupun juga batuan alam lainnya.

Bahan material juga menyangkut pada pemilihan bahan untuk bagian atap, kusen, dan selainnya. Dengan memperhatikan semua itu, maka atmosfir rumah bisa direkayasa sedemikian rupa sesuai keinginan Anda.

3. Warna dan pola
Tahap selanjutnya dalam pembuatan dan pemilihan desain interior rumah minimalis modern adalah warna serta pola ataupun tekstur. Warna sangat mempengaruhi kesan minimalis atau tidaknya suatu ruang di dalam rumah.

Misalnya saja untuk ruang keluarga, Anda bisa memilih warna hijau muda. Warna lembut sangat cocok untuk ruang interior bergaya minimalis. Namun jika Anda ingin bermain aman, maka pilihan warna putih bisa sangat tepat. Hanya saja, jika hanya menggunakan warna putih, tentu tidak memberi kesan yang menarik. Oleh sebab itu, gunakan perpaduan warna, dengan memberi warna yang berbeda pada setiap ruang. Dengan perbedaan warna ini, sekat dari dinding tidak perlu lagi digunakan pada ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur.

Warna sendiri bisa diterapkan menggunakan cat. Sedangkan untuk penggunaan wallpaper sendiri cukup jarang, karena biasanya lebih banyak digunakan untuk ruang interior bergaya tradisional Eropa. Namun hal tersebut bukan berarti tidak bisa. Anda bisa coba memilih wallpaper yang lebih terang dan tidak terlihat tua.

Untuk masalah pola sendiri atau tekstur bisa diterapkan pada mebel. Memang, rumah minimalis tidak banyak menggunakan pola. Mengapa? Karena salah satu ciri umum dari ruang interior minimalis modern adalah sifatnya yang sederhana, polos, dan datar. Meski begitu, memberi sentuhan tekstur akan membuat ruangan lebih nyaman. Terlebih jika Anda memang menyukainya. Misalnya saja Anda bisa menambahkan pola-pola atau ekstur pada sudur-sudut atap.

4. Dekorasi dan mebel
Interior rumah minimalis modern juga memiliki ciri khas tersendiri dalam hal dekorasi. Secara sederhana, interior yang didekorasi dengan gaya minimalis modern akan tampak sederhana, namun dengan fungsi yang sangat lengkap. Misalnya saja dalam hal pemilihan lampu. Penggunaan lampu kecil, dengan jumlah satu atau dua saja pada ruang keluarga sudah cukup untuk menyinari setiap sudut ruang. Contoh lainnya dalam pemilihan meja makan. Biasa interior untuk ruang makan bersatu dengan dapur atau ruang keluarga. Meja dibuat dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan flat. Hal yang sama juga berlaku pada pemilihan mebel lainnya, mulai dari lemari, kasur untuk tidur, meja dapur, bufet, meja televisi, dan lainnya.

Baca juga : Desain Tempat Tidur Modern Terbaru

Memang, desain interior rumah minimalis modern tidak bisa jauh dari yang namanya efisiensi. Sebagian orang hanya melihat kesederhanaan dan cita rasa flat dari ruang interior minimalis modern. Padahal, setiap mebel dan dekorasi lainnya yang ada bisa sangat multifungsi.

ADVERTISEMENT


Info Harga Baru dan Murah :
Post Date :
Desain Interior Rumah Minimalis Modern Terbaru | admin | 4.5
error: Content is protected !!