Desain Rumah Sederhana dengan Biaya Murah

ADVERTISEMENT

Harga Terbaru 2017 :

PORTALBANGUNAN.COM – Desain Rumah Sederhana dengan Biaya Murah – Dari tahun ke tahun, bahkan hari ke hari, harga properti di semua sektor, termasuk rumah dan bangunan secara umum semakin meningkat. Hal tersebut membuat orang-orang mulai mencari alternatif untuk bisa tetap mendapatkan hunian yang nyaman. Salah satunya adalah dengan menggunakan desain rumah sederhana dengan biaya murah.

Memang, rumah sederhana saat ini banyak diincar. Faktor utamanya karena harganya yang murah dan cocok untuk keluarga baru, yang memang tidak membutuhkan ruang yang luas dan kamar yang banyak. Meski begitu, rumah sederhana bukan berarti tanpa perencanaan. Terlebih bila targetnya adalah penerapan badget seminim mungkin, baik dari sisi desain, material bangunan, mebel, hingga dekorasi secara keseluruhan.

Mengenai desain sendiri, untuk rumah sederhana tentunya tidak sesulit rumah yang kompleks, dengan berbagai ornamen arsitektur yang menyertainya. Saat ini sendiri, rumah sederhana dengan badget murah identik dengan rumah-rumah bergaya minimalis. Mengapa? Karena konsep minimalis membuat badget berkurang. Perbedaan antara rumah minimalis mahal dengan murah hanya ada pada kerumitan, fungsi, dan harga dari mebel itu sendiri.

Memilih jenis desain rumah sederhana yang cocok

Dalam pemilihan jenis desain, meskipun konsepnya sederhana, ada banyak desain yang bisa Anda terapkan. Jangan karena terkendala badget, membuat kreatifitas Anda tersendat. Saat ini sudah ada banyak alternatif material bangunan yang berkualitas, dengan harga yang murah. Misalnya saja, dalam pemilihan atap, Anda bisa memilah, apakah akan menggunakan genteng, atau atap dari bahan lain. Bisa juga menggunakan beton datar. Namun, kemungkinan udara terperangkap, sehingga membuat hawa di dalam rumah menjadi lebih panas.

Desain Rumah Sederhana

Oleh sebab itu, selain melihat nilai artistik, Anda juga harus melihat nilai kenyamanan. Dengan kenyamanan, Anda bisa mendapatkan dua keuntungan, yaitu rumah yang Anda inginkan dan rumah yang Anda butuhkan.

Jika Anda ingin menerapkan konsep tradisionalis, maka Anda bisa menggunakan konsep-konsep dari adat istiadat setempat. Hindari menggunakan konsep negara selain Indonesia, gaya-gaya rumah adat di Indonesia relatif lebih murah dan sederhana. Hanya saja, Anda harus pintar dalam pemilihan kayu. Mengapa kayu? Karena pada umumnya rumah tradisional menggunakan bahan kayu yang cukup banyak, semisal pada bagian tiang dan atap. Anda bisa memilih kayu dengan harga yang murah. Jika ingin.kokoh, maka cari kayu jati atau selainnya yang sama-sama kuat, namun bekas, sehingga soal harga bisa ditekan.

Rumah dengan desain sederhana yang menggunakan gaya ala tradisional juga bila ingin menekan badget, harus bisa memilah bahan dekorasi yang tepat. Seperti yang kita kenal bersama, rumah tradisional sangat lekat kaitannya dengan barang-barang antik. Jika Anda mencari gambar referensi soal desain rumah sederhana dengan harga murah yang memiliki gaya-gaya tradisional, Anda akan banyak menemukan dekorasi dengan sentuhan mebel sangat lama (tempo dulu). Biasanya penggunaan barang antik, dengan harga murah. Anda bisa mencarinya di toko-toko barang bekas.

Jika ingin lebih modern, maka pilihan paling tepat ada pada rumah bergaya minimalis. Namun sebelum itu, sebenarnya masih ada satu gaya lagi yang bisa Anda gunakan, yaitu konsep sederhana itu sendiri. Bangunan yang tampak biasa-biasa saja, tanpa ada ornamen apa-apa. Jika Anda melihat kompleks perumahan baru, maka Anda akan melihat gaya rumah sederhana seperti itu. Biasanya pada bagian tampak depan menggunakan satu pintu biasa, dengan dua atau lebih jendela. Atap dari genteng dan sedikit dekorasi pada bagian taman dan pagar.

Untuk bagian interiornya biasa dilengkapi dengan sepetak ruang tamu yang bersamaan dengan itu ada ruang keluarga. Bisa juga diberi sekat dinding. Ada dapur pada bagian belakang dan dua kamar, ditambah satu kamar mandi. Jika ada ruang lebih, maka ditambahkan bagasi kecil yang cukup untuk satu mobil.

Sedangkan untuk rumah sederhana dengan harga murah yang menggunakan konsep desain minimalis, terutama minimalis modern, biasanya lebih fokus pada bentuk dari rumah dan meminimalisir penggunaan sekat serta mebel. Dengan fokus tersebut, setiap ruang yang ada di rumah akan terlihat lebih luas.

Misalnya saja kita beranjak terlebih dahulu kebagian interior. Untuk Anda yang memilih desain minimalis pada rumah sederhana yang akan dibuat dengan harga yang murah, Anda bisa melakukan perluasan pada bagian tengah rumah, dengan cara menyatukan antara ruang kelurga dengan salah satu ruang lainnya, entah itu dapur atau ruang tamu. Sedangkan untuk kamar sebenarnya tidak ada perubahan aau perbedaan dengan jenis desain lainnya. Hanya saja akan ada banyak hal yang harus Anda lakukan dari sisi dekorasi.

Misalnya dalam pemilihan mebel. Anda harus bisa memilih mebel dengan konsep yang sangat minimalis, tidak berlebihan, menggunakan warna netral, bahan ramah lingkungan, ringan, simetris, dan juga memang memiliki fungsi yang efisien. Contoh saja kasur. Anda bisa memilih kasur yang cocok untuk berdua atau sendiri, sesuai kebutuhan.

Dekorasi untuk rumah sederhana dengan biaya murah

Dekorasi juga masuk ke ranah desain yang harus Anda perhatian dengan baik. Konsep dekorsi yang tepat, akan membuat rumah murah yang Anda buat tampak lebih indah dan nyaman. Sebaliknya, salah memilih dekorasi bisa membuat Anda merugi. Bisa jadi, dengan badget yang kecil, tidak semua ruang dapat didekorasi dengan baik, dikarenakan misalnya bahan atau alatnya yang terlalu mahal.

Berbicara tentang dekorasi sendiri untuk desain rumah sederhana dengan harga murah tidak terlalu sulit. Karena kita tahu, rumah sederhana berarti memiliki ruang yang tidak terlalu luas dan banyak. Anda bisa tetap menekan badget, tanpa harus juga menekan kenginan. Hanya saja, Anda harus tahu, tidak semua mebel atau perlengkapan tambahan bisa Anda beli. Misalnya saja, jika dihadapkan antara cat dan wallpaper, maka pilihan terbaik dalam hal ini adalah cat. Selain lebih murah, juga mudah diterapkan dan tidak memerlukan perawatan lebih yang harus mengeluarkan badget kembali. Contoh lainnya soal pemilihan bahan untuk lantai. Karena yang akan dibuat adalah desain yang sederhana, maka keramik persegi standar, dengan warna putih polos bisa menjadi pilihan, daripada lantai dari kayu atau keramik berwarna dan berukuran luas.

Sebelebihnya, anda bisa memberi sentuhan akan apa yang Anda inginkan pada rumah tersebut. Meski dengan badget minim dan luas rumah yang tidak terlalu besar, bukan berarti kreatifitas Anda tidak bisa diterapkan. Anda bisa memainkan warna, fungsi, dan juga tatanan ruang. Jika Anda memiliki tanah tambahan untuk taman, maka perbanyaklah bermain di sana. Bahkan jika bisa, hindari penggunaan bagasi jika Anda tidak memiliki mobil dan ganti menjadi taman berumput. Itu lebih baik, agar rumah Anda bisa terlihat lebih besar dari sisi eksterior.

Baca juga : Desain Interior Rumah Minimalis Modern

Namun jika ingin membuat desain rumah sederhana dengan harga murah yang mengedepankan bagian interior, maka fungsikan lahan lebih sebaik mungkin. Jadikan menyatu dengan rumah dan gunakan sebagai ruang tamu. Anda juga bisa membuat rumah dengan tingkat 2 atau lebih jika memiliki badget lebih.

Terbaru :

    desain rumah sederhana dengan biaya murah, desain rumah sederhana, rumus ukuran tinggi atap rumah, bentuk rumah murah sederhana, contoh rumah sederhana luas dan biaya, Rumah-sederhana
ADVERTISEMENT


Info Harga Baru dan Murah :
Post Date :
Desain Rumah Sederhana dengan Biaya Murah | admin | 4.5
error: Content is protected !!